Label

Sabtu, 24 April 2010

Resensi: Resep Mudah Tetap Sehat

Buku : Resep Mudah Tetap Sehat

oleh : dr. Handrawan Nadesul

Hari ini, saya mengantar anak yang nomor 4 untuk mengikuti ujian masuk Universitas Padjadjaran di sebuah SMA Islam di kawasan Cijantung. Sambil menunggu anak mengikuti ujian, saya jalan jalan menuju Mall yang dekat dengan sekolah tempat anak saya ujian. Seperti biasa saya menuju toko kegemaran saya , ya..toko buku.
Sebetulnya tidak ada niat untuk membeli atau mencari buku tertentu, tapi hanya iseng saja sambil mengisi waktu menunggu si bontot ujian. Maka sampailah saya di deretan buku kesehatan. Di deretan buku kesehatan dan kedokteran ada buku yang menarik karangan dr. Handrawan Nadesul.
Sebelumnya saya sudah pernah membeli dan membaca dua buku sebelumnya karangan Pak Dokter ini, yaitu: Sehat Itu Murah dan Jurus Sehat Tanpa Ongkos. Saya termasuk penggemar Pak Dokter ini, sebab tulisannya disurat kabar maupun majalah sering tampil dengan bahasa sehari hari, yang mudah dicerna oleh kita yang tidak mempunyai latar belakang medis. Tulisannya mudah dicerna dan gaya bahasanya yang populer membantu kita memahami sesuatu hal yang sebenarnya rumit, tapi bisa difahami dengan mudah. Kali ini buku karangan dr. Handrawan Nadesul adalah " Resep Mudah Tetap Sehat"
Buku ini terdiri dari 357 halaman, 31 Bab dan dilengkapi dengan Indeks dan Daftar Pustaka.

Seperti kata Penulisnya buku ini merupakan kompilasi dari tulisan tulisan penulis di rubrik kesehatan. Maksud buku ini adalah untuk menambah wawasan dan membangun sikap realistis kita agar tidak jatuh sakit yang sebetulnya tidak perlu. Menurut Pak Dokter kita ini, lebih separuh penyakit yang menimpa diri kita sekarang dan nanti, bisa kita cegah kalau tahu caranya.

Bab dalam buku ini berdasarkan jenis penyakit dan topik penting yang rasanya wajib kita ketahui. Jadi membaca buku ini tidak harus berurutan dar bab 1 sampai dengan bab 31. Cukup kita baca Daftar Isi, dan cari penyakit apa yang ingin kita ketahui. Bukan hanya penyakit, tetap hal hal lain yang berkaitan dengan kesehatan dapat kita temui di buku ini. Misalnya Tentang Kolesterol Bab 2 halaman 13 atau kiat ingin tahu tentang vitamin, ada pada Bab 24:Apa Masih Perlu Minum Vitamin? halaman 263.
Bahkan pada Bab terakhir, Bab 31 ada Manajemen Stres.....nah ini hal yang sangat penting bagi kita yang sudah diatas lima puluhan.

Stres pada puncak karir yang sebentar lagi menurun sebab mau pensiun, atau sudah 50 tahun tapi belum mencapai puncak karir terbaiknya. Sebab hidup ini berjalan terus, dunia terus berputar, orang yang tidak mau dan tidak sadar akan perubahan akan habis tergilas roda kehidupan. Macam macam perubahan terjadi. mulai dari perubahan kecil sampai kepada perubahan yang besar, dan dampaknya stres juga mengikuti perubahan tersebut. Jadi ada stres yang skala kecil ada juga stres yang berskala besar. Seperti gempa bumi saja. Bagi kita yang dari kecil terbiasa dengan beban hidup yang berat, untuk kuliah harus juga banting tulang untuk mencari tambahan guna menutupi biaya kuliah, beli buku, bayar SPP, bayar biaya kos dan lain lain, mungkin beban berat seperti itu sudah biasa kita tanggung. Tapi bagi yang tidak terlatih menahan beban hidup dan perubahan yang begitu cepat, bisa berakibat fatal, bahkan sampai kematian.

Dijelaskan dengan gamblang dan mudah dicerna, bagian bagian mana saja ditubuh kita yang akan terkena dampak hantaman stressor ini dan tidak lupa diberikan resep untuk menangkalnya.

Diakhir buku Pak Dokter berujar:

Hidup begini pendek dan kematian begitu panjang. Kita hanya direpotkan oleh urusan hidup. Kita acap lupa dan lengah tidak mengisi dan mempersiapkan hidup untuk kematian yang lebih panjang dan abadi.
Tersedia banyak cara untuk merancang hidup, tapi sedikit tersedia cara untuk merancang kematian yang indah. Nikmatilah hidup dengan cara yang elok di mata orang, dan elok pula di mata Tuhan. Berniscayalah


Dokter Handrawan Nadesul adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Jakarta. Lulus ujian negara di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia tahu 1981

S. Mardjono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar