Label

Rabu, 07 April 2010

Ayo…Olahraga Pagi!

Pagi hari merupakan waktu paling ideal untuk melakukan kegiatan berolahraga. Dapatkan badan sehat dan bugar sambil menikmati hangatnya sinar matahari pagi.

Olahraga pagi bisa menjadi jump start buat tubuh dan pikiran kita untuk mengahadapi aktivitas sepanjang hari. Yang menjadi masalahnya adalah waktu dan kemauan dari diri kita sendiri. Agar bisa mengumpulkan waktu dan kemauan tersebut, ikuti tip dari konsultan olahraga Michele Stenten, berikut ini:

Buat janji olahraga bersama teman.
Lari pagi bersama teman bisa menjadi salah satu faktor yang memotivasi kita untuk bisa bangun di pagi hari. Ketika teman sudah di depan pintu rumah, mau tak mau Anda harus bangun, bukan? Pilihlah teman yang dapat diandalakan dan mempunyai komitmen yang tinggi, sehingga kegiatan olahraga bersama dapat dilakukan secara berkelanjutan tidak hanya untuk satu hari saja.

Siapkan baju olahraga sebelum tidur
Persiapan memang penting. Selain untuk menambah motivasi diri, menyiapkan semua peralatan olahraga sebelum tidur membuat kita merasa lebih tenang dan siap untuk berolahraga besok pagi. Dibading kita harus menghabiskan waktu mencari pasangan kaos kaki kita yang hilang entah dimana.

Jangan tidur larut
Menurut Ilia Karatsoreos, PhD, bisa atau tidaknya melakukan olahraga di pagi hari tergantung jam berapa kita tidur dan bangun pagi. Matikan acara TV favorit kita malam ini, cobalah tidur lebih awal dan pasang alarm 30 menit lebih awal. Manfaat tidur lebih awal 30 menit ini, membuat kita punya waktu untuk berolahraga 30 menit juga. Latih diri Anda untuk bisa bangun dan tidur pada jam yang sama.

Jauhkan weker Anda
Tempatkan jam weker pada tempat yang sulit dijangkau tangan, supaya dapat memaksa kita untuk meninggalkan tempat tidur untuk mematikanya. Pilih bunyi alarm tepat, bunyi yang terlalu keras dan mengganggu dapat membangunkan kita segera, namun dengan perasaan menggerutu dan kesal.

Ciptakan variasi berolahraga
Buatlah daftar rencana olahraga kita bulan ini dengan berbagai jenis olahraga, seperti berlari, bersepeda, yoga/pilates, berenang, dan lain-lain. Banyaknya variasi dapat membuat kita tetap bersemangat dan konsisten. Membuat sebuah gol yang ingin kita capai juga sama penting, karena sekali kita sudah merasakan hasilnya maka itu akan menjadi motivasi kita untuk tetap berolahraga.(Astrid Anastasia)

Sumber: http://preventionindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar