Label

Rabu, 26 Mei 2010

Jangan Lupakan Ginjal Anda


Ada satu organ penting yang sering kali dilupakan oleh kita semua ,dalam kehidupan sehari-hari seringkali Anda hanya diingatkan oleh bahaya sakit Jantung ,sakit Paru ,Cholesterol , Lever …….jarang Anda diingatkan dengan penyakit Ginjal.
Sesungguhnya kerja Ginjal tak kalah beratnya dengan Organ-organ lainnya dalam tubuh , bahkan akhir-akhir ini kematian sering terjadi karena kegagalan organ Ginjal ini oleh beberapa sebab.
Sebab yang paling sering adalah akibat atau dampak dari gaya hidup kita yang jauh dari sehat.

Fungsi Ginjal :
Ginjal berfungsi untuk mengatur jumlah air di dalam tubuh agar sesuai dengan kebutuhan. Jika air dalam tubuh berlebih, maka ginjal akan mengeluarkan air lebih banyak. Jika kekurangan akan ditahan. Selain itu, ginjal juga berfungsi untuk mengeluarkan racun yang diproduksi tubuh.

Air merupakan sumber kehidupan dan komponen terbesar dalam tubuh. Oleh karena itu keberadaannya harus diatur sedemikian rupa. Cara mudah mengetahui fungsi ginjal adalah dengan melihat jumlah urin yang keluar. Dalam keadaan normal, urin berjumlah 1000-1500 cc dalam 24 jam untuk pria dan wanita. Pemeriksaan yang lebih ilmiah juga dapat dilakukan dengan memeriksa kadar kreatinin dalam darah. Kreatinin adalah zat yang hanya dibuang oleh ginjal, bukan organ tubuh lainnya. Jika zat tersebut naik, maka fungsi ginjal pun harus diwaspadai.

Selain memonitor kadar Kreatinin ,juga kadar Ureum sangat penting untuk diketahui. Ureum yang berasal dari metabolisme protein dibuang lewat Ginjal. Ureum ini bersifat racun ,oleh karena itu kadarnya tak boleh banyak dalam tubuh, ginjal mempunyai tugas untuk mengeluarkan Ureum melalui Urine.

Aapabila kadar Ureum meninggi dapat disimpulkan kerja ginjal sudah mulai menurun ,walau Anda sudah sedikit makan protein ,apalagi bila kadar ureum sampai melewati batas aman atau batas normal ,dapat disimpulkan ginjal dalam keadaan berat dan dapat menuju kegagalan fungsi ginjal.

Kadar kreatinin dalam darah sebenarnya dapat dikondisikan. Jika Anda kurang mengkonsumsi air putih dan kadar kreatinin naik, maka ada gangguan di dalam ginjal. Menurut Prof. DR. Dr. Endang Susalit, SpPD, KGH, kepala divisi Ginjal Hipertensi FKUI/RSCM, setiap laboratorium memiliki standar tersendiri. Selain itu, juga harus dilakukan pemeriksaan darah. Kalau hanya ingin melihat apakah ginjal normal atau tidak, Anda cukup memeriksa urin secara rutin di rumah sakit atau poliklinik.

Warna urin tidak dapat dijadikan patokan karena terkadang menipu, ujar Endang, hal tersebut terkait dengan banyaknya Anda mengkonsumsi air minum. JIka Anda minum banyak, maka urin berwarna jernih. Begitu pula sebaliknya.

Ginjal yang terganggu dapat menyebabkan penyakit pada ginjal dan di luar ginjal, yang seringkali menjadi sebab terganggunya fungsi ginjal.Misalnya: Diabetes, batu ginjal, dan lain sebagainya. Terganggunya fungsi ginjal juga berdampak pada semua sistem dalam tubuh, darah berkurang, kulit gatal, pencernaan terganggu sehingga mengakibatkan mual, muntah, tidak dapat makan, serta paru tertimbun air karena air tidak dapat keluar.

Jangan lupakan Ginjal Anda , mari kita lakukan tes urin secara rutin setiap 6 bulan sekali untuk mengetahui kadar kreatinin dan ureum dalam tubuh Anda .Lebih saya sarankan lagi untuk Anda selalu berkonsultasi dengan dokter keluarga Anda.

sumber: http://formulasehat.com/health-lifestyle/jangan-lupakan-ginjal-anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar