Label

Sabtu, 02 Oktober 2010

Al Qur'an - Pelajarilah!

كِتَابٌ أُنْزِلَ إِلَيْكَ فَلا يَكُنْ فِي صَدْرِكَ حَرَجٌ مِنْهُ لِتُنْذِرَ بِهِ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ

Ini adalah sebuah kitab yang diturunkan kepadamu, maka janganlah ada kesempitan di dalam dadamu karenanya, supaya kamu memberi peringatan dengan kitab itu (kepada orang kafir), dan menjadi pelajaran bagi orang-orang yang beriman.

1. Al Qur'an diturunkan untuk kita umat Islam
Jadi, kitab suci ini, jelas diturunkan untu kita sebagai muslim dan yang mengaku muslim. Bukankah ini sebagai suatu kehormatan bagi sebaik-baiknya makhluk. Sudah dijadikan makhluk yang sempurna, masih pula diberikan hidayah sehingga ridlo sebagai Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rosululloh Sholallohu 'Alayhi Wasallam sebagai Nabi, masih diberikan kitab yang menjadi rujukan dalam menjalankan tugasnya sebagai kholifah dimuka bumi ini.

2. Jadikanlah hati dan dada mu luas.
Kalau orang jawa, nyegoro. Hatinya dibuat luas bagai samudra, agar mudah menerima kebaikan kebaikan dari Al Qur'an. Mempercayai cerita yang ada didalamnya, menjauhi larangannya dan menta'ati semu perintahnya.Jadi luaskanlah hati kita, dan terimalah kebaikan yang ada dalam Al Qur'an. Belajarlah untuk membacanya dengan baik, fahami isinya dan jadikanlah Al Qur'an sebagai tuntunan hidup, pedoman hidup.

3. Al Qur'an sebagai manual untuk amar makruh nahi munkar.
Mengajak kebaikan dan mencegah kemungkaran adalah salah satu tugas kholifah di dunia ini. Dan jelas Allah berfirman bahwasanya, Al Qur'an sebagai pedoman dalam tugas tersebut diatas.

4. Al Qur'an sebagai alat kita untuk belajar dan mengambil pembelajaran darinya.Karena itu jangan malu kalau kita ingin mulai belajar. Rosululloh sendiri, mulai belajar dari Jibril ketika beliau berumur 40 tahunan. Kenapa kita jadi malu untuk mulai belajar, mulai dari belajar membacanya. Jangan merasa rendah kalau kita baru mulai belajar membaca Qur'an dari Iqro. Bukankah Rosululloh pernah bersabda:
"khoyrukum man ta'alamal Qur'an wa "alamahu"
Sebaik-baiknya kamu adalah yang belajar dan mengajarkan Al Qur'an

Semoga kita termasuk sebaik baiknya hamba Allah, karena kita adalah sebaik baiknya makhluk ciptaanNYA.

Semoga
Marbot
2 Oktober 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar