Label

Senin, 27 Juni 2011

Manfaat Daun Salam

Daun salam yang selama ini dikenal sebagai campuran penyedap masakan ternyata memilikikandugan obat yang bisa menyembuhkan penyakit maag, Kudis/gatal-gatal, obat asam urat, Kencing manis (diabetes), Diare, Mabuk Alkohol, penurun darah tinggi, kolesterol, radang pada lambung, dll

Daun salam nama latinya adalah Syzygium polyanthum atau Eugenia polyantha, atau E. lucidula. Sedangkan secara umum orang indonesia sudah mengetahui dan menyebutnya sebagai Daun Salam.

Pohon Salam tumbuh secara liar baik dihutan atau dipegunungan dengan tinggi pohon bisa mencapai 25 meter berakar tunggang, batang bulat. Pohon salam juga bisa tumbuh di dataran rendah maupun pegunungan dengan ketinggian 1800 meter diatas permukaan laut.

Kandungan kimia yang terdapat pada daun salam, Minyak atsiri (0,05 %) mengandung sitral dan eugenol, tanin dan flavonoida.

Kegunaan :
Daun Salam sebagai Pengobatan untuk penyakit:

  • Diare
  • Penderita Kencing manis (Diabetes mellitus)
  • Kolesterol tinggi
  • Radang lambung/maag (gastritis)
  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Gatal-gatal
  • Maag

Cara Penggunakan Daun Salam sebagai Obat

1. Kencing manis:
7 lembar daun salam dicuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampal tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 2 kali minum.

2. Sakit maag:
Untuk mengobati sakit maag ambil daun salam segar sebanyak 15-20 lembar dicuci bersih. Rebus dengan 1/2 liter air sampai mendidih selama 15 menit. Tambahkan gula enau secukupnya. Setelah dingin, minum airnya sebagai teh. Lakukan setiap hari sampai rasa perih dan penuh dilambung hilang.

3. Diare:
untuk obat diare ambil 15 gram daun salam lalu dicuci bersih kemudian direbus dengan 1 gelas air bersih selama 15 menit. Tambahkan sedikit garam. Setelah dingin disaring lalu diminum.

4. Kudis, gatal:
Daun atau kulit batang atau akar salam kemudian dicuci bersih lalu digiling halus sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ketempat yang sakit.

5. Obat Asam urat

Ambil 10 lembar daun salam segar, rebus dengan 4 gelas air hingga bersisa 2 gelas. Kemudian saring. Minum selagi hangat.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Cuci 10-15 gram daun salam segar sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus di malam hari. Lakukan pengobatan ini setiap hari.

7. Obat radang lambung :

30 gram salam segar + 30g daun sambiloto kering direbus dgn 600cc air hingga tersisa 300cc air, saring, tambahkan gula batu, minum selagi hangat masing2 150cc, minum pagi dan sore.

8. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi penderita hipertensi, Cuci 7-10 lembar daun salam sampai bersih, lalu rebus dalam 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.

Daun salam juga bisa untuk Obat Mabuk alkohol, ambil dan cuci 1 genggam buah salam yang sudah masak kemudian sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus, kemudian peras minum air yang terkumpul.


sumber:

http://www.glatica.com/manfaat-daun-salam-untuk-penyakit-maag-dan-kencing-manis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar