Label

Kamis, 29 Desember 2011

Menentukan Ukuran Frame Sepeda Untuk Tubuh Anda



Pengukuran ini dimaksudkan untuk menentukan ukuran frame sepeda yang pas agar nyaman dalam bersepeda. Frame terlalu besar atau terlalu kecil sangat tidak nyaman untuk dikendarai sehari-hari kecuali untuk kepentingan khusus misal freestyle, trial atau olahraga ekstrim.

Apa saja variabel pengukurannya?

Variabel pengukurannya antara lain; tinggi badan/height dan panjang inseam atau jarak pangkal paha ke tanah

Bagaimana mengukurnya?

Dengan menggunakan penghitung atau tabel yang telah distandarisasi. dibahas di bawah nanti.

Apa yang dihasilkan?

Berupa angka ukuran frame yang menggunakan metode C-T (Center to Top) yaitu menghitung jarak dari pusat Bottom Bracket (BB) hingga ujung atas seat tube. Selain itu juga menghasilkan angka ukuran crank yang dihitung dari poros crank (BB) hingga ke poros pedal, hal ini dimaksudkan agar pengendara lebih nyaman ketika mengayuh pedal.

Mulai menghitung:


Lepaskan alas kaki kemudian berdiri tegak dengan tumit, pantat dan kalau bisa punggung menempel pada dinding yang tegak lurus. Jarak kedua telapak kaki membenggang kira-kira 30 cm seperti ketika mengayuh sepeda.
Mintalah seseorang mengukur tinggi badan anda (height) dan mengukur jarak dari lantai hingga pangkal paha atau selakangan (inseam). Catat keduanya
Buka website ini dan pilih jenis sepeda anda. kemudian masukkan angka-angka tadi ke tiap form. Pada form Leg Lenght, masukkan angka inseam anda. Jika anda sulit mengkonversi ke Inchi maka ganti menjadi Centimeters pada kiri bawah. Klik submit maka anda akan diberikan sheet data ukuran frame dan crank yang tepat untuk tubuh anda berikut range ukuran yang memungkinkan.
Jika anda enggan untuk menggunakan calculator online tersebut, maka anda juga bisa mendownload tabel frame & crank size di sini.
Jika ukuran sepeda anda yang dimiliki saat ini tidak pas maka jangan berkecil hati, tetaplah bersepeda.
Pengukuran ini adalah pengukuran standar dan untuk sepeda MTB hardtail. Sedangkan pengukuran untuk keperluan seorang atlit mungkin akan berbeda.
Ada sumber yang mengatakan bahwa formulasi penghitungan frame MTB; (inseam * 0.67) – (10 s/d 12 cm) dalam satuan centimeter. Sayangnya tidak ada keterangan secara jelas mengenai rumus tersebut.

Berikut contoh pengukuran berdasar ukuran tubuh saya:

















Terjadi sedikit perbedaan antara hasil kalkulasi dengan tabel. Pada calculator menghasilkan frame ukuran 18 sedangkan di tabel tepatnya 17. Walau begitu perbedaan masih bisa di toleransi karena pada calculator menyebutkan frame yang memungkinkan untuk dipakai antara 17 hingga 19 sedangkan pada tabel sesungguhnya juga mengatakan demikian karena yang tersorot (highlighted) kuning tua adalah ukuran yang paling ideal untuk tubuh kita saat ini sedangkan yang tersorot kuning muda yaitu ukuran yang masih memungkinkan dipakai.

Sumber: www.ebicycle.com, www.sharetheroad.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar