Label

Kamis, 07 Agustus 2014

3 Jenis Olahraga yg berbahaya jika dilakukan terlalu sering.

 Berolahraga memang baik bagi kesehatan. Bukan hanya bisa menurunkan dan menjaga berat badan, olahraga juga berpengaruh bagi kesehatan jangka panjang. Olahraga teratur bisa menjaga metabolisme tubuh sehingga tetap bugar. 

Tapi, Anda juga harus berhati-hati dalam berolahraga. Terlalu ngoyo, justru tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, beberapa jenis latihan dalam berolahraga, jika terlalu sering dilakukan, juga bisa berbahaya. 

Apa saja? Berikut daftarnya, dilansir Huffington Post:

Sit up


Alison Peters, terapis fisik di NYU Langone Medical Center mengatakan melakukan sit up terlalu sering sama dengan terlalu sering menggesek kartu kredit Anda. Jika dengan kartu kredit Anda akan terlilit utang, sit up terlalu sering akan membuat tulang belakang Anda aus dan meningkatkan risiko osteoporosis dini. 

Angkat beban

Mengangkat beban seberat 1-2 kg menggunakan barbel kecil memang bisa melatih otot lengan dan punggung, namun mengangkat beban berat yang menggunakan seluruh kekuatan otot punggung, panggul dan paha, tanpa dimonitor pelatih profesional, hanya akan mempercepat laju osteoporosis atau pengeroposan tulang. Selain itu, pelatih selebriti, Ramona Braganza, mengatakan latihan angkat beban bisa mencedari otot leher bila dilakukan secara sembrono. 

Alat latihan kaki


Melatih otot kaki dengan alat latihan kaki di gym, bila dilakukan dengan porsi yang cukup, memang bisa memperkuat otot betis dan paha. Namun, bila dilakukan terlalu sering dan dengan cara yang salah, otot betis dan paha justru bisa tertarik dan menyebabkan cedera. Tidak hanya itu, alat latihan tersebut juga memberikan beban tambahan pada lutut yang bisa menyebabkan tempurung lutut cedera. (ita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar